Aku selalu percaya kepada setiap orang, aku hanya tak percaya kepada iblis yang bersemayam di hati mereka. Syah

Pernahkah anda membenci seseorang ? Seberapa dalam kebencian yang anda rasakan kepada orang yang anda benci itu ? Dan karena alasan apa anda harus membenci seseorang itu ?

Sebelumnya, mari kita definisikan benci.

Benci adalah perasaan tidak suka, tidak hormat, atau tidak menghargai seseorang, karena seseorang itu telah melukai perasaan kita baik langsung maupun tak langsung, sengaja maupun tak di sengaja. Dan karena perlakuan tersebut, segala perbuatan positif orang yang kita benci seolah menjadi tidak berarti. Kebanyakan rasa benci terhadap seseorang, selalu berasal dari sifat buruk orang yang kita benci itu.
Contoh, kita pasti membenci orang yang arogan, sombong, dan cenderung meremehkan orang lain. Tapi kenapa kita harus membencinya hanya karena dia arogan dan sombong ?. Padahal itu hanyalah noktah dari semua kepribadiannya. Bukankah masih ada sifat baik yang membuat kita tidak harus membencinya ?
Sulit memang untuk melihat sisi baik seseorang sementara sisi buruk orang itulah yang dominan. Karena kecenderungan manusia yang memang susah untuk bisa membuka mata.
Sulit… Sungguh sulit. Saya pun sedang dalam taraf belajar untuk tidak membenci seseorang hanya karena sifat buruknya.
Bagaimana dengan anda ?





12 comments:

  1. Anonymous

    isi blognya bagus.
    salam kenal mas

     
  2. Syah

    @panca : terima kasih mas... anda orang ke-374 yang mengatakan itu. *cengar-cengir*

     
  3. Anonymous

    saya mo jadi yang ke 375. Boleh?

     
  4. Anonymous

    benci dan cinta kui tipis banget batasnya lho, syah. nyambung ora? ora yo? hehehe...

     
  5. Maruria

    saya pernah merasakan benci yang sebenci bencinya pada seseorang karena orang itu menyakiti saya, tidak mengahrgai saya, dan lagi menyakiti orang-orang yang saya sayangi.
    Wah sulit juga ya belajar untuk tidak membenci.

     
  6. QQ

    welcome back home...:)lm ga ol kmn ajha?

     
  7. Syah

    @de : wah... sayangnya anda malah jadi orang yang ke-382.

    @venus : setipis apa batasnya?

    @maruria : sampe sekarang masih benci ga?

    @qq : aku muter muter mencari Ilham. tapi Ilhamnya malah ga ada di rumah.. huehehehe

     
  8. ihsan

    " Bencilah seseorang secara sederhana, karena siapa tahu suatu saat engkau mencintainya..."
    Itu pesen Kanjeng Nabi Muhammad SAW lho....

    Sekedar mengingatkan ^.^

     
  9. Er Maya

    habis benci terbitlah cinta..makanya jangan terlalu benci sama orang nanti kalo suka kan malah berabe hehehe

     
  10. Syah

    @ihsan n maya : lha perasaan saya ini, cinta dulu baru benci je....

     
  11. NiLA Obsidian

    nama saya di sebut2 ya? hehe
    sulit banget.....emang ngontrol emosi utk lebih tulus memaafkan kesalahan org lain yg cuman satu titik....

     
  12. Syah

    @nila : kalo saya sebut namamu 3 kali apa yg terjadi yah? :-P

     

Post a Comment