Watch Your Own Blog, And Your Own Tongue

Kemarin aku baca berita di detik.com. Isinya begini :

Dianggap menghina kewibawaan umat Islam, seorang mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ditangkap. Mahasiswa bernama Abdul Karim Nabil (22) itu dianggap menghina lewat tulisan-tulisan di blog miliknya. (read more)...


:D Setelah baca berita itu, aku review semua entry yang pernah aku tulis di kedua blog-ku. Apakah isinya terlalu berbahaya untuk mata-mata yang mengintai para blogger. Well, ternyata aman-aman saja (menurutku). Selama ini aku memang mengusung tema yang isinya berupa celaan atau sindiran, tetapi celaan itu aku tujukan untuk perbuatan tercela yang telah dianggap oleh sebagian banyak orang merupakan tindakan tak terpuji. Terkesan sok sempurna memang, tapi selama ini aku ngga pernah melakukan tindakan yang aku cela dalam blog-ku. Jadi ini bukan masalah siapa manusia paling sempurna, tapi hanya sekedar cerminan diri apakah kita termasuk golongan orang yang melakukan tindakan tercela itu. Aku pun ngga sekedar mencela saja, solusi selalu diberikan agar mereka para pelaku tindakan tercela tersebut, mau bercermin diri. Contohnya, entry sebelum ini, mana ada sih orang di dunia ini yang setuju dengan tindakan indisipliner di jalan raya? Atau entry yang berjudul Unfaithful –An Affair To Remember-”, hanya orang yang ngga punya hati nurani lah yang setuju dengan perselingkuhan.
Jadi untuk kedepannya aku ngga akan kapok untuk mengusung tema celaan dan sindiran ini atau lebih dikenal dengan istilah satire. Kecuali ada seseorang yang menyanggah dengan alasan yang masuk akal, dan bisa diterima oleh sebagian orang banyak, aku akan berhenti mencela dan menyindir.
Kalo kalian termasuk golongan orang seperti aku, dan ingin membuat blog yang bertema satire, berikut adalah saran agar entry kalian ngga mengundang kontroversi dan polemik yang berkepanjangan seperti blogger yang aku contohkan di atas tadi.

  1. Jangan pernah mencela Presiden manapun. Terutama George W Bush. Karena agen federal disana selalu mengintai semua situs yang berhubungan dengan cacian, rencana pembunuhan, dan terror terhadap Negara tersebut dan Presidennya.
  2. Jangan pernah mencela agama manapun, meski Yahudi sekalipun. Seharusnya kita bisa saling mengenal, menghargai, hormat-menghormati, dan bertoleransi antar sesama pemeluk agama manapun di dunia ini. Bukannya bercerai-berai dan berperang angkat senjata gara-gara beda agama.
  3. Jangan pernah menyela orang lain karena ras ataupun sukunya. Alasannya sama, kita sebagai manusia diciptakan berbeda suku dan berbeda bangsa. Kenapa harus mencela orang lain karena warna kulitnya berbeda?.
  4. Kalo perlu, dampingi pengacara saat membuat entry blog :P. Supaya argumen kamu kuat saat ada orang yang menuntut entry kamu.


0 comments:

Post a Comment